Wednesday 7 March 2012

Pengertian manusia dan kebudayaan



MAKALAH ILMU BUDAYA DASAR
TOPIK :
Mengenal manusia dan kebudayaan






 

DIBUAT OLEH :
NAMA : TITO WIDIYANTO
NPM : 17111131
KELAS : 1KA36


Topik Makalah
Mengenal manusia dan kebudayaan

Kelas  :1KA36
Dateline Makalah : 10 Maret 2012
Tanggal Penyerahan atau Upload Makalah  :  10 Maret 2012

P E R N Y A T A A N
Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain. 

Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

 

P e n y u s u n

N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
17111131
TITO WIDIYANTO


Program Sarjana Sistem Informasi
UNIVERSITAS GUNADARMA



Kata pengantar

Puji serta syukur saya panjatkan atas kehadiran Allah.SWT. yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya,sehingga saya dapat menyalesaikan makalah ini. Shalawat dan salam saya panjatkan atas kehadiran Nabi besar kita Muhammad.SAW. dan para sahabat serta keluarganya.
Makalah ini saya buat untuk menyelasaikan tugas Ilmu Budaya Dasar. Pada pembuataan makalah ini saya mendapat dukungan dari berbagai pihak yang selalu mendorong yang senantiasa memotifasi saya untuk menyelesaikan makalah ini. Dalam pembuatan makalah ini saya telah berusaha keras untuk mencapai hasil yang semaksimal mungkin sesuai dengan yang saya harapkan, agar tidak terjadi banyak kesalahan dalam pembuatan makalah ini. Namun apa daya tangan tak sampai, namanya manusia pasti ada kesalahan yang dibuat maka dari pada itu kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan untuk kemajuan dimasa yang akan datang.
Oleh karena itu, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada orang-orang yang telah mendukung saya selama pembuatan makalah. Terutama kepada bapak Burhan Amin selaku dosen Ilmu Budaya Dasar yang telah membimbing saya.
Semoga apa yang disajikan dalam makalah ini dapat berguna untuk berbagai pihak yang membutuhkannya.
Bekasi, 03 maret 2012
Hormat saya,

(TITO WIDIYANTO)
NPM : 17111131


Daftar isi

Judul.......................................................................................................................(i)
Pernyataan.............................................................................................................(i)
Kata pengantar.....................................................................................................(ii)
Daftar isi................................................................................................................(iii)
Bab 1 Pendahuluan
1.1 Latar belakang..............................................................................................(1)
1.2 Tujuan...........................................................................................................(1)
1.3 Sasaran..........................................................................................................(1)
Bab 2 Pembahasan
2.1 Pengertian manusia dann kebudayaan.......................................................(2)
2.2 Manusia dan kebudayaan............................................................................(3)
2.3 Kaitannya manusia dan kebudayaan..........................................................(3)
Bab 3 Penutup
3.1 Kesimpulan...................................................................................................(4)
3.2 Rekomendasi................................................................................................(4)
3.3 Referensi.......................................................................................................(4)


Bab 1
Pendahuluan

1.1 Latar belakang
Hubungan manusia dan kebudayaan sangat erat kaitannya kerana kebudayaan merupakan alat untuk bersosialisasi antara manusia dengan manusia lain agar terjadi interaksi satu sama lainnya. Dalam hidup manusia pasti membutuhkan orang lain untuk melangsungkan hidupnya baik yang secara langsung maupun yang tidak langsung karena manusia merupakan mahluk yang memiliki jiwa sosial.
Sekaya apapun seorang manusia pasti akan membutuhkan manusia lainnya yang disebabkan karena suatu hal yang tidak bisa ia kerjakan atau ia bisa melakukannya namun ia tidak memiliki waktu untuk mengerjakannya. Hal inilah yang menyebabkan seseorang berinteraksi dengan orang lain, sehingga terjadi suatu kebudayaan.
1.2 Tujuan
1.      Agar dapat bersosialisasi dalam kehidupan kebudayaan
2.      Dapat beradaptasi dengan kebudayaan dilingkungan sekitar
3.      Kebudayaan merupakan identitas manusia dengan manusia lain
4.      Alat mempersatukan manusia yang satu dan lainnya
5.      Memiliki pengetahuan dan kepedulian terhadap kebudayaan
1.3 Sasaran
1.      Menjadikan manusia yang berbudaya
2.      Menjadikan manusia yang cinta akan budayanya
3.      Membuat manusia yang memiliki pengetahuan dan perduli terhadap budayanya
4.  Menjadikan manusi yang memiliki sikap toleransi tinggi agar tidak terjadi pertentangan ataupun permusuhan antara manusia maupun kebudayaan

Bab 2
Pembahasan

2.1 Pengertian manusia dan kebudayaan
Manusia merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa sebagai khalifah dibumi dengan dibekali akal pikiran untuk berkarya dimuka bumi. Manusia memiliki perbedaan baik secara biologis maupun rohani. Secara biologis umumnya manusia dibedakan secara fisik sedangkan secara rohani manusia dibedakan berdasarkan kepercayaannya/agama.
Penggolongan manusia yang paling utama yaitu berdasarkan pada jenis kelaminnya. Apakah ia seorang perempuan atau laki-laki. Penggolongan lainnya yaitu berupa darah, rambut, keturunan, dan masih banyak yang lainnya.
Kebudayaan tidak terlahir begitu saja, kebudayaan merupakan hasil interaksi manusia yang merupakan perwujudan dari karya manusia.
Kebudayaan menurut para ahli,yaitu:
1.   Menurut E.B.Taylor (1871), kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian , moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lainnya serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat.
2. Menurut Selo Sumarjan dan Soelaeman Soemardi merumuskan kebudayanan sebagai semua hasil karya, ras, dan cipta masyarakat.
3.   Menurut Sutan Takdir Alisyahbana, kebudayaan adalah manifestasi dari cara berfikir.
4. Menurut Koentjaraningrat, kebudayaan adalah keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakan dengan belajar , beserta dari keseluruhan budi pekertinya.
5. Menurut A.L. Krober. Dan C. Kluckon, mengatakan bahwa kebudayaan adalah manifesta atau penjelmaan kerja jiwa manusia dalam arti seluas-luasnya.


2.2 Manusia dan kebudayaan
            Manusia terdiri dari 4 unsur,yaitu:
1.   Jasad: badan kasar manusia yang nampak dari luarnya, dapat diraba dan difoto, serta menempati ruang dan waktu.
2.      Hayat: mengadung unsur hidup yang ditandai dengan gerak
3.      Ruh: bimbingan dan pimpinan tuhan, daya yang bekerja secara spiritual dan memahami kebanaran.
4.      Nafs: dalam pengertian diri atau keakuan, yaitu kesadaran tantang diri sendiri.

Unsur- unsur kebudayaan,yaitu:
1.  Menurut Melville J. Herkovits, kebudayaan adalah terdiri dari empat unsur yaitu: alat teknologi,sistem ekonomi, keluarga, dankekuatan politik.
2. Menurut Bronislaw  Malinowski, unsur kebudayaan terdiri dari sistem norma,organisasi ekonomi,alat-alat atau lembaga maupunpetugas penyelidikan dan organisasi kekuatan.
3.  Menurut C. Kluckhon, ada tujuh kebudayaan universal yaitu: sistem religi, sistem organisasi kemasyarakatan, sistem pengetahuan, sistem mata pencaharian hidup dan sistem ekonomi, sistem teknologi dan peralatan, bahasa dan kesenian.

2.3 Kaitan manusia dan kebudayaan
Secara sederhana hubungan antara manusia dan kebudayaan adalah manusia sebagai perilaku kebudayaan dan kebudayaan merupakan obyek yang dilaksanakan manusia dari sisi lain hubungan antara manusia dan kebudayaan ini  dapat dipandang setara dengan hubungan antara manusia dan masyarakat dinyatakan sebagai dialektis. Proses dialektis ini tercipta melalui tiga tahap yaitu :
1.    Eksternalisasi, proses dimana manusia mengekspresikan dirinya dengan membangun dunianya;
2.   Obyektivasi, proses dimana masyarakat menjadi realitas obyektif, yaitu suatu kenyataan yang terpisah dari manusia dan berhadapan dengan manusia;
3.  Internalisasi, proses dimana masyarakat disergap kembali oleh manusia. Maksudnya bahwa manusia mempelajari kembali masyarakatnya sendiri agar dia dapat hidup dengan baik.
Bab 3
Penutup

3.1 Kesimpulan
            Manusia diciptakan Tuhan yang Maha Esa senantiasa untuk menjadi khalifah dibumi dan memanfaatkan segala yang ada dibumi dengan sebaik- baiknya, sehingga manusia diberikan akal pikiran. Dengan akal pikiranlah manusia dapat berkarya sesuai yang dia inginkan. Bumi diciptakan bukan hanya untuk manusia, namun untuk semua mahluk yang berada didalamnya. Maka dari pada itu manusia harus berinteraksi baik itu kepada benda mati maupun yang hidup.
            Manusia yang satu dan yang lainnya saling berinteraksi dan berkomunikasi sehingga akan ada budaya. Kebudayaan merupakan salah satu karya manusia yang menjadikannya ciri dari manusia itu sendiri.
3.2 Rekomendasi
            Sekarang ini banyak yang tidak mengetahui pentingnya suatu kebudayaan dan peran kebudayaan pada diri seseorang maupun masyarakat. Kebudayaan merupakan hal yang tak boleh ditinggalkan apa lagi dilupakan, karena kebudayaan ikut berperan dalam berbagai aspek. Keterkaitan manusia dan budaya itulah yang harus dapat dipahami oleh lapisan masyarakat, agar budaya tidak hilang.
3.3 Referensi

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Themes | Free Song Lyrics, Cara Instal Theme Blog