Soal
1. Apa yang
kalian ketahui tentang telamatika serta pemanfaatannya ?
2. Jelaskan perkembangan
telamatika dalam teknologi informasi ?
3. Jelaskan trend
kedepan tentang perkembangan telematika ?
Jawab !
1.
Telematika adalah sarana komunikasi jarak
jauh melalui media elektromagnetik. Kemampuannya adalah mentransmisikan
sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia, dan
dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaan suara (telepon, music), huruf,
gambar, dan data atau kombinasi-kombinasinya.Teknologi digital memungkinkan hal
tersebut terjadi. Jasa telematika ada yang diselenggarakan untuk umum (online,
internet), dan ada pula untuk keperluan kelompok tertentu atau dinas khusus
(intranet).
2.
Perkembangan dunia telematika sangat pesat
dan berkembang. Perkembangan tersebut muncul karena daya pikir manusia yang
meningkat dan kemampuan proses berpikir manusia yang semakin cerdas dan
kreatif. Seiring dengan perkembangan zaman manusiapun akan berkembang dalam
gaya hidupnya. Salah satu contohnya adalah teknologi informasi yang saat ini
sangat berkembang pesat baik segi hardware maupun software.Perkembangan
telematika di Indonesia mengalami beberapa periode berdasarkan fenomena yang
ada di masyarakat yaitu periode rintisan (berlangsung pada akhir tahun 1970-an
sampai dengan akhir tahun 1980-an). Pada periode rintisan ini penggunaan
telematika sangat terbatas. Pada periode ini, masa dimana beberapa orang
Indonesia belajar menggunakan telematika atau minimal pengetahuinya. Tahun
1980-an teleconference terjadwal hamper sebulan sekali di TVRI (Televisi
Republik Indonesia) yang menyajikan dialog interaktif antara presiden Suharto
di Jakarta dengan para petani di luar Jakarta, bahkan di luar pulau Jawa.
3.
Mengenai
trend ke depan Telematika, itu merupakan kebebasan individu untuk mengembangkan
dan menjadikannya sebagai suatu trend (walau sesaat) di dalam masyarakat. Yang
pasti dalam proses perkembangannya harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab
dan tidak melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat. Sehingga tidak
merugikan pihak lain dan tidak menguntungkan diri sendiri (egois). Sehingga
trend ke depan telematika dapat menjadi suatu trend yang dapat diterima dan
dinikmati oleh seluruh masyarakat, baik dari kalangan atas maupun dari kalangan
bawah.
Referensi :
http://student.uniku.ac.id/luckydwipratiwi/files/2013/07/Makalah-Jarkom-SP.docx
0 comments:
Post a Comment